Dapat uang dari internet, cukup mudah...
klik http://www.paidtotyping.com/?id=albert_adrianus

Tugas QR CODE

Saya akan mencoba untuk membahas mengenai QR CODE...


QR singkatan dari Quick Response. Kode QR merupakan bentuk evolusi dari kode batang dari satu dimensi menjadi 2 dimensi. Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510. QR dikembangkan oleh di Jepang oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation pada tahun 1994 dan kemudian menjadi hal yang sangat populer di Jepang, hampir semua Handphone dapat membaca kode QR. Kalo dilihat dari singkatan katanya, tujuan utama dikembangkannya QR ini adalah untuk menyampaikan informasi secara cepat dan memberikan respon yang cepat pula. Btw, salah satu kelebihan QR dari kode batang yaitu  kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, sedangkan kode batang hanya mampu menyimpan informasi secara horizontal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. Di jepang, kode QR dipilih sebagai alat tambahan dalam program promosi banyak produk baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Di Indonesia sendiri sudah ada ni kode QR, kode QR itu pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut. Kalo soal fungsi, QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya.
Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atauWiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. 
Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, dataalfabet, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu QR punya kehebatan lain yaitu kode QR tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. 
 
Bnnyak hal yang bisa dipakai dengan menggunakan kode QR ini. Hanya saja mungkin karena belum banyak dipakai di Indonesia dan belum terlalu dikenal sehingga tidak dapat dipakai secara umum.Namun demikian kode ini dapat dilakukan pada kartu mahasiswa sehingga mempermudah mahasiswa dalam melakukan absen atau pembayaran. Selain itu menurut saya akan lebih baik jika di KTP menggunakan hal yang sama sehingga dapat meminimalisir adanya penggandaan KTP. Hal ini dapat membantu pemerintah dalam melihat jumlah penduduk dan sensus untuk PEMILU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar